Contoh Aplikasi Perulangan For Loop pada Mikrokontroler Arduino


Contoh Aplikasi Perulangan For Loop pada Mikrokontroler Arduino

Perulangan for merupakan perintah untuk mengulang satu atau beberapa statement jika syarat yang diminta untuk perulangan tersebut terpenuhi.

Struktur perulangan digunakan untuk mengulang sekumpulan perintah sesuai dengan kondisi yang diberikan. Proses perulangan biasanya digunakan untuk mengulang proses pemasukan data, mengulang proses perhitungan dan mengulang untuk proses penampilan hasil pengolahan data. [1]

Contoh dari perulangan for yang akan dibahas kali ini bertujuan untuk menyalakan LED secara bergantian. Komponen yang digunakan yaitu mikrokontroler Arduino dan LED.


Cara Kerja Alat

1. Program perulangan yang telah dibuat bertujuan untuk mengubah pin yang bernilai HIGH secara berurutan untuk menyalakan LED selama 500 ms.

2. Pin LED awal pada perulangan pertama bernilai 2, saat kondisi pin berjumlah kurang dari sama dengan 6 maka statement untuk menyalakan LED dijalankan.

3. Setelah itu program akan melakukan increment pada nilai pin LED. Jika setelah increment nilai pin LED berjumlah lebih dari 6, maka kondisi ini bernilai false dan program akan masuk ke kondisi perulangan yang kedua.

4. Pin LED awal pada perulangan kedua bernilai 7, saat kondisi pin berjumlah lebih dari sama dengan 3 maka statement untuk menyalakan LED dijalankan.

5. Setelah itu program akan melakukan decrement pada nilai pin LED. Jika setelah decrement nilai pin LED berjumlah kurang dari 3, maka kondisi ini bernilai false dan program akan masuk ke kondisi perulangan yang pertama.

6. Perulangan akan berhenti hanya saat mikrokontroler dimatikan.


Output Program

LED menyala satu persatu secara bergantian.


Flowchart




Rangkaian pada Proteus



Daftar komponen simulasi

1. Arduino UNO

2. LED


Code untuk program

void setup() {
  for (int pinLED = 2; pinLED <= 7; pinLED++) {
    pinMode(pinLED, OUTPUT);
  }
}
void loop() {
  for (int pinLED = 2; pinLED <= 6; pinLED++) {
    digitalWrite(pinLED, HIGH);
    delay(500);
    digitalWrite(pinLED, LOW);
  }
  for (int pinLED = 7; pinLED >= 3; pinLED--) {
    digitalWrite(pinLED, HIGH);
    delay(500);
    digitalWrite(pinLED, LOW);
  }
}

Simulasi

Menyusun rangkaian dan membuat program yang kemudian di compile untuk mendapatkan file hex. File hex harus dipasangkan pada Arduino di Proteus.

Berikut ini video dari simulasi.




Hasil Percobaan

Program dan rangkaian yang dibuat menghasilkan output sesuai yang dikehendaki, yaitu LED menyala satu persatu secara bergantian.


Daftar Pustaka

[1] “Algoritma Perulangan,” 2020.




Comments